Close Menu

    Subscribe to Updates

    Get the latest creative news from BarayaNews

    Facebook X (Twitter) Instagram
    Trending
    • Tirta Pakuan Gulirkan “Merdeka Promo”, Pemasangan Sambungan Baru Gratis untuk Instansi Pemerintah
    • Serbukatif Dapat Dukungan Nasional, Jadi Model Pendidikan Karakter dari Bogor
    • Warga Dukung Rehabilitasi GOR Pajajaran, Investasi Prestasi & Kesehatan
    • Indocement Siap Perkuat Pemanfaatan RDF TPPAS Nambo
    • Pemkot Bogor Serahkan Hibah Lahan untuk Polsek Bogor Tengah dan Tanah Sareal
    • Akses Sementara Roda Dua di Jalan Saleh Danasasmita Rampung, Pemkot Tunggu Izin BTP
    • Dedie Rachim Tinjau Kesiapan Akses untuk Pejalan Kaki di JPO Peledang
    • Denny Mulyadi Dampingi Kunker Menteri Lingkungan Hidup ke TPPAS Nambo
    Facebook X (Twitter) Instagram
    BarayaNewsBarayaNews
    • Politik
      • Nasional
      • Internasional
    • Olahraga
      • Sepak Bola
    • Teknologi
      • Gadget
    • Peristiwa
    • Kesehatan
    • Kolom Penulis
    • Kota Bogor
    BarayaNewsBarayaNews
    Home » Teknologi » Gencar Sosialisasi, Ternyata Ini Pentingnya Aplikasi Simotip
    Gadget

    Gencar Sosialisasi, Ternyata Ini Pentingnya Aplikasi Simotip

    3 Maret 20223 Mins Read
    Facebook Twitter WhatsApp Telegram
    Share
    Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email Telegram WhatsApp

    BOGOR – Perumda Tirta Pakuan sedang masif mensosialisasikan aplikasi Sistem Informasi Mobile Tirta Pa­kuan (SIMOTIP). Tak tanggung-tanggung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Bogor itu blusukan hingga ke tingkat RT/RW.

    Hal itu dikatakan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan baru-baru ini, menurutnya, pihaknya tak segan turun langsung ke pelanggan dan gencar mengkampanyekan penggunakan Simotip ke seluruh pelanggan.

    Dia ingin aplikasi ini bisa langsung diterima pelanggan, dan digunakan sebaik-baiknya.

    Seperti yang dilakukan di Masjid Jami Al Ma’muri, RT01, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah, beberapa waktu lalu.

    Di sela-sela giat Temu Pelanggan, Rino juga mengajak pelanggan untuk mengunduh Simotip. Kepada pelanggan yang hadir dalam pertemuan tersebut, Rino menyebut Simotip menjadi solusi pelayanan pelanggan di era digital ini. Sebab, pelanggan bisa menyampaikan keluhan, cek tagihan hingga lapor meter mandiri dari rumah.

    “Ibu-ibu kalau ingin tahu jumlah tagihan air bulan ini berapa, tidak perlu tanya sana-sini. Tinggal cek saja di Simotip, bisa tertera kok. Mudah sekali. Begitu pula untuk pembacaan meter air. Pelanggan bisa melaporkan angka stand meter sendiri, sehingga memudahkan petugas Pembaca Meter Tirta Pakuan dalam mengkalkulasikan angka,” kata Rino.

    “Mungkin ada ibu-ibu yang heran, kok tagihan saya melonjak dari biasanya. Setelah dicek di sistem kami, ternyata meter airnya tidak bisa dicatat petugas karena rumah terkunci. Nah lapor stand meter mandiri melalui Simotip adalah solusinya. Tinggal foto angka stand meternya, masukan nomor pelanggan. Kirim. Selesai,” sambung dia.

    Menurut Rino, dunia digital sudah masuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan. Senada dengan berkembangnya dunia teknologi, dengan itu, Perumda Tirta Pakuan terus berinovasi meningkatkan pelayanan air bersih dengan peggunaan teknologi informasi yang terus berkembang pesat. Sistem layanan tatap muka secara bertahap akan berkurang dan bertransformasi menjadi layanan digital.

    “Ke depan mungkin tidak ada lagi sistem pelayanan tatap muka seperti saat ini. Orang tidak perlu lagi bayar air di loket atau ATM. Kalau mau bayar air atau lapor air mati, orang-orang tinggal rebahan di rumah, buka smartphone nya. Kirim pake Simotip, selesai. Jadi Simotip adalah solusi layanan Tirta Pakuan saat ini dan masa yang akan datang,” tandas Rino.

    Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kota Bogor Ahmad Aswandi yang hadir dalam pertemuan tersebut mengapresiasi upaya direksi Tirta Pakuan, untuk mendekatkan diri dengan pelanggan.
    Melalui Temu Pelanggan, ujar legislator dapil Tanahsareal ini, direksi dapat mendengar langsung permasalahan layanan air bersih di suatu wilayah dan ditetapkan solusinya secara terukur.

    “Kegiatan Temu Pelanggan ini bisa menjadi menjadi komunikasi dua arah antara Tirta Pakuan dengan pelanggan. Jadi setiap persoalan, bisa diselesaikan secara cepat,” kata Kiwong, sapaan akrabnya.
    Dewan, kata Kiwong, selalu mendukung program-program pelayanan air bersih Tirta Pakuan.

    “Sebagai mitra kerja, Komisi II selalu mendukung langkah-langkah Tirta Pakuan untuk menyediakan air bersih kepada warga Kota Bogor,” ujar dia.

    Sebagai perusahaan, Tirta Pakuan juga dituntut mencari keuntungan. Namun keuntungan itu harus dikembalikan lagi ke masyarakat.
    Untuk meningkatkan pelayanan air bersih di wilayah Kel Kencana dan sekitarnya, politisi PPP ini mengusulkan pembangunan reservoir di wilayah Tanahsareal.

    “Saya berharap ada reservoir di Tanahsareal seperti yang ada di Bogor Barat (jabaru),” sarannya.

    Rino Indira Gusniawan
    Add A Comment

    Bagaimana Pendapat Anda?Batalkan balasan

    Berita Lainnya
    DPRD Kota Bogor

    Komisi III DPRD Kota Bogor Sidak Proyek Taman Lapangan Genteng, Temukan Kejanggalan Standar K3 dan Urutan Pekerjaan

    6 November 2024
    Ekonomi

    Kick Off Program RURISE: Dorong Ketahanan Desa Lewat Pertanian Terintegrasi Berkelanjutan

    3 Juli 2025
    Kesehatan

    Pemkot Bogor Sukses Pertahankan Dua Aset Penting

    16 Agustus 2021
    Hukum

    Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kembali Perpanjang Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bogor

    18 Oktober 2022
    Kolom Penulis
    Kolom Penulis

    Anak Muda dan Kaderisasi Partai Politik

    5 Januari 2024

    Demokrasi kita dibangun berdasarkan amanat UUD dan berasaskan Pancasila. Disitu jelas bahwa suara kita, aspirasi…

    Pembebasan Biaya Pendidikan, Sesuai Harapan Kah?

    1 Desember 2020
    Dukcapil Family Fest 2023
    Trending
    Ekonomi

    Adityawarman: Koperasi Merah Putih Jangan Buka Warung

    30 Juli 2025

    BOGOR – Ketua DPRD Kota Bogor Adityawarman Adil setuju dengan pendapat Prof. Lukman M Baga…

    Ekonomi

    Inflasi Kota Bogor Terkendali, Harga Pangan Tetap Stabil

    28 Juli 2025

    BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berupaya agar warganya mudah mendapatkan sembilan kebutuhan pokok (Sembako).…

    Ekonomi

    Jogja Billiard Resmi Dibuka di Bogor, Hadirkan Turnamen Bergengsi Walikota Cup

    8 Agustus 2025

    BOGOR – Kota Bogor kini memiliki pusat olahraga dan hiburan baru. Jogja Billiard and Cafe…

    Ekonomi

    Telkom Witel Priangan Barat Perkuat Kerja Sama dengan Cibinong City Mall

    18 Oktober 2024

    BOGOR – Telkom Witel Priangan Barat, dipimpin oleh GM Dode Suparman, melakukan kunjungan kerja ke…

    Ekonomi

    Pasar Gembrong Sukasari Hadir Lebih Bersih dan Nyaman, Siap Tampung Pedagang Pasar Bogor

    25 April 2025

    BOGOR — Proses revitalisasi Pasar Gembrong Sukasari yang terletak di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, Kecamatan…

    Ekonomi

    Kick Off Program RURISE: Dorong Ketahanan Desa Lewat Pertanian Terintegrasi Berkelanjutan

    3 Juli 2025

    BOGOR – Yayasan Widya Erti Indonesia (WEI) menggelar kegiatan Kick Off & Sosialisasi Program…

    BarayaNews.co.id PT. Kreasi Baraya Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media yang menaungi website portal berita barayanews.co.id untuk menayangkan berita terkini dan terpercaya.
    Laman Kami
    • Kontak
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Kebijakan Privasi
    • Syarat Karya Tulis
    • Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bogor
    • Dapat Nomor Urut 1, Sendi-Melli : Nomor Terbaik Menangkan Pilkada Kota Bogor
    • Buy Adspace
    • Hide Ads for Premium Members
    © 2025 PT Kreasi Baraya Mandiri. Designed by Banu L. Bagaskara.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.