BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mendukung kampanye yang digulirkan UNICEF yaitu #DihantuiTai untuk meningkatkan kesadaran terhadap dampak sanitasi tidak aman terhadap masyarakat, terlebih agar lebih aman Tirta Pakuan mengajak untuk masyarakat menggunakan air Tirta Pakuan karena kualitas air yang dipasok ke masyarakat sudah sesuai dengan Permenkes RI.
Diketahui data UNICEF di Indonesia hampir 70 persen dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga tercemar limbah tinja. Ini merupakan menjadi sumber penyebaran penyakit diare, UNICEF gencar kampanye memberikan pemahaman keluarga tentang sanitasi aman dan dampak pencemaran air oleh tinja.
“Ya, untuk mendukung kampanye #DihantuiTai, dari Tirta Pakuan Kota Bogor menyikapinya sebaiknya masyarakat Kota Bogor segera menjadi pelanggan Tirta Pakuan bagi yang belum menjadi pelanggan. Karena air Tirta Pakuan Kota Bogor sudah terjamin sesuai Permenkes,” ungkap Direktur Umum (Dirum) Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Rivelino Rizky kepada wartawan pada Rabu (2/11/2022).
Rivelino membeberkan, setelah membaca kajian UNICEF antara septic tank dan sumur atau tempat pengambilan air bawah tanah masyarakat Kota Bogor sangat berdampingan. Apalagi septic tanknya juga belum teruji sudah sesuai ketentuan standar atau belum.
“Sehingga bisa jadi mengakibatkan bakteri masuk ke air bawah tanah yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat,” bebernya.
Rivelino menerangkan, ini merupakan suatu kampanye hidup sehat dari UNICEF, sehingga bisa menguntungkan bagi Tirta Pakuan Kota Bogor karena bisa banyak masyarakat yang peduli terhadap hidup sehat dengan air yang sehat itu.
“Air itu harus sehat, sosialisasi terus kami menyampaikan saat temu pelanggan dan beberapa sosialisasi telah dilakukan kepada masyarakat. Bukan hal baru kami menyampaikan ini, bahkan dahulu pernah dibantu oleh IUWASH untuk menyampaikan kepada masyarakat,” terangnya.
“Tetapi masyarakat belum terlalu aware atau peduli, akan tetapi kalau sudah dibantu teman-teman media mudah-mudahan masyarakat lebih peduli. Kami sudah mensosialisasikan, insya Allah akan menambah raihan pelanggan hingga akhir tahun 2022 ini,” tambah Rivelino.
Rivelino menjelaskan, jelang akhir tahun juga akan ada program promosi 11.11 setelah kemarin promosi 10.10 digelar. Tentunya itu untuk mengejar target raihan pelanggan tahun 2022. Nantikan saja, pastinya promosi menarik dan menguntungkan masyarakat.