BOGOR – Dalam upaya menindaklanjuti keluhan pelanggan,
Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor terus melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menempatkan lima armada Terminal Air Hydrant Umum (TAHU).
TAHU tersebut dipasang sebanyak empat armada tangki air untuk menyuplai air gratis, bagi pelanggan di zona 7 yang belakangan sering terganggu pengaliran airnya.
Pemasangan TAHU berlokasi di beberapa tempat, diantaranya kawasan Bantarkembang, Kemang Regency, Taman Pajajaran, Griya Katulampa dan kawasan Parungbanteng.
Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf menyampaikan beberapa hal yang menyebabkan gangguan pengaliran air di zona 7 dalam beberapa waktu terakhir.
Diantaranya tingkat kekeruhan air Sungai Ciliwung, yang digunakan sebagai sumber air baku, tengah dalam kondisi tinggi.
Dalam kondisi normal, kekeruhan Sungai Ciliwung ada di angka 600 NTU. Tapi beberapa hari terakhir kekeruhannya mencapai 5000 NTU.
“Sedangkan WTP kita cuma bisa memproses air dengan kekeruhan dibawah 600 NTU untuk debit air baku 330 liter per detik. Sehingga dengan kondisi ini, akhirnya kita turunkan produksi air jadi 280 liter per detik, agar kualitasnya tetap sesuai Permenkes,” katanya kepada wartawan, Selasa (22/2/2022).
Akibatnya, tegas dia, pengaliran berkurang sekitar 80 liter per detik. Belum lagi, kata Ardani, kapasitas air di Reservoir Katulampa yang biasanya 4,4 meter, kini hanya sekitar 1,8 meter.
“Kekeruhan saat ini berbeda. biasanya paling tinggi 2.000 NTU selama 1-2 jam, itu juga dalam kondisi hujan. Tapi saat ini 5890 NTU di kondisi bukan hujan,” ungkapnya.
“Kami menurunkan kapasitas produksi karena lebih sering membuang lumpur di sedimen bangunan pengolahan,” tukas Ardani.
Alhasil, beberapa solusi yang diberikan oleh Perumda Tirta Pakuan. Selain bantuan TAHU dan armada tangki air gratis, pihaknya juga akan menambah suplai air dari zona 1 dengan memasang pipa interkoneksi dari WTP Unitex untuk mengurangi beban pengaliran di zona 7.
“Dengan kerendahan hati kami mohon maaf atas gangguan layanan beberapa hari terakhir. Segala upaya perbaikan kami lakukan dengan berbagai program, sebagai ikhtiar agar pelanggan bisa menikmati layanan 24 jam. Kami mengharapkan dukungan dan doa dari pelanggan agar upaya kami berjalan baik dan maksimal. Insya Allah,” kata Ardani.
Perumda Tirta Pakuan menyiapkan TAHU di berbagai titik serta armada tangki air gratis. Pelanggan bisa menghubungi call center di nomor 0251-8324111 atau chat WhatsApp di nomor 08111182123.