Close Menu
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Trending
    • Pemkot Bogor Investigasi Dugaan Keracunan Makanan Siswa
    • Kantongi Penuh Dukungan Seluruh Inorga, ZM Kembali Nakhodai KORMI Kota Bogor
    • Revitalisasi Rampung, Lapangan Mini Soccer Taman Manunggal Kembali Dibuka
    • Puluhan Siswa Keracunan MBG, DPRD Kota Bogor Minta Investigasi Total dan Evaluasi SPPG
    • Diduga Keracunan MBG, SPPG Batutulis Sebut Makanan Sesuai SOP
    • Puluhan Siswa Diduga Keracunan MBG, Alami Keluhan Muntah dan Lemas
    • DPRD Kota Bogor Terima Draft RAPBD 2026, Banggar Langsung Lakukan Pembahasan
    • DPRD Bogor Tampung Aspirasi Aksi Budayawan Soal Proyek Jalan Batutulis
    Facebook X (Twitter) Instagram
    BarayaNewsBarayaNews
    • Politik
      • Nasional
      • Internasional
    • Olahraga
      • Sepak Bola
    • Teknologi
      • Gadget
    • Peristiwa
    • Kesehatan
    • Kolom Penulis
    • Kota Bogor
    BarayaNewsBarayaNews
    Home » Politik » Pemerintahan » Reform Corner 5.0, Komitmen Pemkot Bogor Tingkatkan Kualitas Layanan Publik
    Kota Bogor

    Reform Corner 5.0, Komitmen Pemkot Bogor Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

    23 Mei 20252 Mins Read
    Facebook Twitter WhatsApp Telegram
    Share
    Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email Telegram WhatsApp

    BOGOR – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Hanafi, secara resmi membuka Reform Corner 5.0 berupa sosialisasi Kota Bogor Melayani: Menuju Pelayanan Publik yang Berkualitas, Inklusif, dan Bebas Maladministrasi.

    Acara berlangsung di Padjadjaran Suites Resort and Convention Hotel, Jalan Bogor Nirwana Residence, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (22/5/2025).

    Dalam sambutannya, Hanafi mengajak aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk berubah dan berbenah dengan mengevaluasi diri sendiri, sejauh mana dan sebesar apa kontribusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    “Aturan tinggal aturan kalau pelaksanaannya tidak bagus. Jadi, perubahan yang saya tekankan lebih kepada individu, dengan berusaha mengubah mindset pegawai. Kondisi dulu dengan sekarang berbeda, kita harus beradaptasi dengan kondisi dan regulasi yang ada,” ucapnya.

    Sesuai regulasi, Pemkot Bogor, kata Hanafi, secara kontinu melakukan evaluasi internal terhadap tugas pokok sebagai pelayan masyarakat.

    Di samping itu, ada evaluasi eksternal berdasarkan pandangan-pandangan aktual sesuai kondisi di lapangan oleh KemenPAN-RB dan Ombudsman RI maupun pihak lain yang bertugas memantau sejauh mana kebijakan publik dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

    Hanafi mengaku kondisi yang ada masih jauh dari kata sesuai dan maksimal. Kendati demikian, pelayanan dan evaluasi yang dilaksanakan diusahakan secara maksimal tanpa menunggu sarana dan prasarana yang representatif serta kondusif. Selain evaluasi, aparatur, juga dituntut untuk berinovasi sesuai dengan tupoksi.

    “Harapan kita, tugas, tanggung jawab, dan amanah yang diberikan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Dan tentunya diiringi dengan mental yang baik,” tegas Hanafi.

    Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Bogor, Henny Nurliani, dalam laporannya menyebutkan Reform Corner 5.0 merupakan bagian dari komitmen Pemkot Bogor dalam memperkuat reformasi birokrasi, khususnya pada sektor pelayanan publik sebagaimana tertuang dalam Tim Reformasi Birokrasi Nasional 2020–2025, yaitu terwujudnya kebijakan dan pelayanan publik yang berkualitas.

    Adapun tujuannya adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, inklusif, dan bebas dari praktik maladministrasi.

    Diharapkan pelayanan yang diberikan menjadi bentuk penghormatan terhadap hak-hak warga negara, dengan kepuasan dan keadilan sosial untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya aksesibilitas pelayanan yang adil dan setara, terutama bagi penyandang disabilitas, lansia, anak-anak, perempuan, dan masyarakat miskin.

    Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan daerah dalam menyusun standar pelayanan yang transparan, partisipatif, dan mudah dipahami masyarakat.

    Evaluasi dilakukan secara berkala, lengkap dengan indikator serta upaya pencegahan potensi maladministrasi, dan pengembangan inovasi dalam pelayanan publik.

    Selanjutnya, kegiatan ini menjadi wadah pembelajaran sekaligus memperkuat sinergi secara internal maupun eksternal dengan berbagai pihak dalam upaya memperbaiki pelayanan publik di Kota Bogor.

    Hanafi Pemkot Bogor Pj Sekda Kota Bogor
    Add A Comment

    Bagaimana Pendapat Anda?Batalkan balasan

    Berita Lainnya
    Kota Bogor

    Dorong Mahasiswa Agar Lebih Inovatif, Tirta Pakuan Buka Program PKL Seluas-luasnya

    14 Desember 2022

    Wali Kota dan Kapolresta Tinjau Kesiapan Dioperasikannya Kembali Mal di Kota Bogor

    23 Agustus 2021
    Ekonomi

    Tingkatkan Perekonomian Daerah, DPRD Terbitkan Perda Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro

    26 Mei 2021
    DPRD Kota Bogor

    Komisi III DPRD Kota Bogor Sidak Proyek Taman Lapangan Genteng, Temukan Kejanggalan Standar K3 dan Urutan Pekerjaan

    6 November 2024
    Kolom Penulis
    Kolom Penulis

    Anak Muda dan Kaderisasi Partai Politik

    5 Januari 2024

    Demokrasi kita dibangun berdasarkan amanat UUD dan berasaskan Pancasila. Disitu jelas bahwa suara kita, aspirasi…

    Pembebasan Biaya Pendidikan, Sesuai Harapan Kah?

    1 Desember 2020
    Trending
    Ekonomi

    Harga Daging Sapi Meroket, Pedagang di Pasar Kota Bogor Tetap Berjualan

    1 Maret 2022

    BOGOR – Seolah mengikuti tren kenaikan harga kedelai yang menyeret harga tahu tempe, kini harga…

    Ekonomi

    Pemkot Bogor – IAI Tazkia Tandatangani MoU

    16 Juni 2022

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam (IAI) Tazkia…

    BBM

    Pemicu Inflasi, Ketua DPRD Kota Bogor : Batalkan Kenaikan BBM

    9 September 2022

    BOGOR – Keputusan Pemerintah menaikkan harga BBM di tengah situasi ekonomi yang sulit seperti saat…

    Ekonomi

    BRI Branch Office Bogor Dewi Sartika Melaksanakan Layanan Terbatas Cuti Bersama Idul Adha 1445 Hijriah

    19 Juni 2024

    BOGOR – BRI Branch Office Bogor Dewi Sartika melaksanakan Layanan Terbatas dalam rangka Cuti…

    Ekonomi

    Kerja Sama Perumda Tirta Pakuan Jadi Langkah Strategis Tingkatkan Nilai Aset

    26 Agustus 2025

    BOGOR – Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, menekankan pentingnya pengelolaan aset daerah agar dapat…

    Bisnis

    Bima Arya Resmikan Moza Kitchen Bogor, Titip Tampung Pelaku UMKM

    10 April 2022

    Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi istrinya, Yane Ardian meresmikan Halal Meat Shop…

    Tentang Kami

    BarayaNews.co.id

    PT. Kreasi Baraya Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media yang menaungi website portal berita barayanews.co.id untuk menayangkan berita terkini dan terpercaya.

    Laman Kami
    • Kebijakan Privasi
    • Kontak
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Syarat Karya Tulis
    © 2025 PT Kreasi Baraya Mandiri

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.