Close Menu

    Subscribe to Updates

    Get the latest creative news from BarayaNews

    Facebook X (Twitter) Instagram
    Trending
    • Serbukatif Dapat Dukungan Nasional, Jadi Model Pendidikan Karakter dari Bogor
    • Warga Dukung Rehabilitasi GOR Pajajaran, Investasi Prestasi & Kesehatan
    • Indocement Siap Perkuat Pemanfaatan RDF TPPAS Nambo
    • Pemkot Bogor Serahkan Hibah Lahan untuk Polsek Bogor Tengah dan Tanah Sareal
    • Akses Sementara Roda Dua di Jalan Saleh Danasasmita Rampung, Pemkot Tunggu Izin BTP
    • Dedie Rachim Tinjau Kesiapan Akses untuk Pejalan Kaki di JPO Peledang
    • Denny Mulyadi Dampingi Kunker Menteri Lingkungan Hidup ke TPPAS Nambo
    • 80 Tahun Merdeka Wujudkan Bangsa yang Adil, Makmur dan Sejahtera
    Facebook X (Twitter) Instagram
    BarayaNewsBarayaNews
    • Politik
      • Nasional
      • Internasional
    • Olahraga
      • Sepak Bola
    • Teknologi
      • Gadget
    • Peristiwa
    • Kesehatan
    • Kolom Penulis
    • Kota Bogor
    BarayaNewsBarayaNews
    Home » Perumda Tirta Pakuan » Catat Indeks Kepuasan Pelanggan Tinggi, Permudahkan Tirta Pakuan Siap Tingkatkan Layanan di Tahun 2025
    Kota Bogor

    Catat Indeks Kepuasan Pelanggan Tinggi, Permudahkan Tirta Pakuan Siap Tingkatkan Layanan di Tahun 2025

    24 Desember 20242 Mins Read
    Facebook Twitter WhatsApp Telegram
    Share
    Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email Telegram WhatsApp

    BOGOR – Perumda Tirta Pakuan mencatatkan hasil positif dalam Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) di Bogor Tengah, Selasa (24/12/2024). Survei tersebut menunjukkan indeks kepuasan terhadap produk mencapai 81,95 persen (kategori “Sangat Puas”) dan terhadap layanan sebesar 73,28 persen (kategori “Puas”). Meski meraih hasil baik, Tirta Pakuan berkomitmen untuk terus berbenah guna meningkatkan kualitas layanan dan penyebaran informasi.

    Tim peneliti SB-IPB, Fithriyyah Shalihati, mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk tertinggi tercatat di Zona 5 dengan nilai 89,04 persen. Sedangkan untuk layanan, Zona 5 mencatat skor 75,20 persen. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan kualitas air bebas bakteri, bau, dan endapan berada di Kuadran I (Keep Up the Good Work). Namun, aspek layanan seperti informasi gangguan, kompensasi, dan administrasi berada di Kuadran IV, yang memerlukan perbaikan.

    “Distribusi indeks memberikan gambaran pengalaman pelanggan di berbagai zona dan menjadi dasar perbaikan lebih terarah,” kata Fithriyyah.

    SB-IPB merekomendasikan Tirta Pakuan untuk meningkatkan responsivitas terhadap keluhan pelanggan, memperkuat keterlibatan melalui saluran digital, dan menjaga konsistensi kualitas layanan. “Peningkatan pada aspek daya tanggap (responsiveness) yang saat ini mencapai 69,52 persen akan memberikan dampak signifikan pada kepuasan pelanggan,” tambah Fithriyyah.

    Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan, H. Rivelino Rizky, menjelaskan bahwa pihaknya akan lebih optimal menggunakan media sosial dan layanan WhatsApp untuk penyebaran informasi. Namun, ia mengakui perlunya pelanggan mengupdate nomor telepon aktif agar informasi lebih mudah diterima.

    Rivelino juga menyoroti tantangan lain, seperti cakupan layanan 24 jam di Bogor Barat yang belum sepenuhnya terpenuhi dan minimnya minat masyarakat di beberapa daerah untuk berlangganan air bersih. “Kami berkomitmen memperluas jaringan dan meningkatkan pelayanan di tahun 2025,” ujarnya.

     

    Dengan survei yang melibatkan 3.000 pelanggan di tujuh zona pelayanan Kota Bogor, hasil ini menjadi pijakan strategis bagi Tirta Pakuan untuk terus memperkuat reputasinya sebagai penyedia air bersih yang andal.

    Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Fithriyyah Shalihati H. Rivelino Rizky Perumda Tirta Pakuan Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) Tim peneliti SB-IPB
    Add A Comment

    Bagaimana Pendapat Anda?Batalkan balasan

    Berita Lainnya
    Kunjungan

    Bima Arya Cek Kantor DKPP, Ada Layanan Vitamin Hewan, Vaksinasi Hingga Inseminasi Buatan

    10 Februari 2023
    Kota Bogor

    Dedie Rachim Tanam Pohon di Lokasi Calon Kantor Pemerintahan

    6 Mei 2025
    Kesehatan

    RT Zona Merah, Warga Ranggamekar Jalani Vaksinasi

    5 Juli 2021
    Peristiwa

    Terima Aduan Warga, Komisi I DPRD Kota Bogor Soroti Penginapan Antasena

    24 Februari 2022
    Kolom Penulis
    Kolom Penulis

    Anak Muda dan Kaderisasi Partai Politik

    5 Januari 2024

    Demokrasi kita dibangun berdasarkan amanat UUD dan berasaskan Pancasila. Disitu jelas bahwa suara kita, aspirasi…

    Pembebasan Biaya Pendidikan, Sesuai Harapan Kah?

    1 Desember 2020
    Dukcapil Family Fest 2023
    Trending
    Ekonomi

    Adityawarman: Koperasi Merah Putih Jangan Buka Warung

    30 Juli 2025

    BOGOR – Ketua DPRD Kota Bogor Adityawarman Adil setuju dengan pendapat Prof. Lukman M Baga…

    Ekonomi

    Inflasi Kota Bogor Terkendali, Harga Pangan Tetap Stabil

    28 Juli 2025

    BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berupaya agar warganya mudah mendapatkan sembilan kebutuhan pokok (Sembako).…

    Ekonomi

    Jogja Billiard Resmi Dibuka di Bogor, Hadirkan Turnamen Bergengsi Walikota Cup

    8 Agustus 2025

    BOGOR – Kota Bogor kini memiliki pusat olahraga dan hiburan baru. Jogja Billiard and Cafe…

    Ekonomi

    Telkom Witel Priangan Barat Perkuat Kerja Sama dengan Cibinong City Mall

    18 Oktober 2024

    BOGOR – Telkom Witel Priangan Barat, dipimpin oleh GM Dode Suparman, melakukan kunjungan kerja ke…

    Ekonomi

    Pasar Gembrong Sukasari Hadir Lebih Bersih dan Nyaman, Siap Tampung Pedagang Pasar Bogor

    25 April 2025

    BOGOR — Proses revitalisasi Pasar Gembrong Sukasari yang terletak di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, Kecamatan…

    Ekonomi

    Kick Off Program RURISE: Dorong Ketahanan Desa Lewat Pertanian Terintegrasi Berkelanjutan

    3 Juli 2025

    BOGOR – Yayasan Widya Erti Indonesia (WEI) menggelar kegiatan Kick Off & Sosialisasi Program…

    BarayaNews.co.id PT. Kreasi Baraya Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media yang menaungi website portal berita barayanews.co.id untuk menayangkan berita terkini dan terpercaya.
    Laman Kami
    • Kontak
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Kebijakan Privasi
    • Syarat Karya Tulis
    • Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bogor
    • Dapat Nomor Urut 1, Sendi-Melli : Nomor Terbaik Menangkan Pilkada Kota Bogor
    • Buy Adspace
    • Hide Ads for Premium Members
    © 2025 PT Kreasi Baraya Mandiri. Designed by Banu L. Bagaskara.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.