Close Menu
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Trending
    • Pemkot Bogor Investigasi Dugaan Keracunan Makanan Siswa
    • Kantongi Penuh Dukungan Seluruh Inorga, ZM Kembali Nakhodai KORMI Kota Bogor
    • Revitalisasi Rampung, Lapangan Mini Soccer Taman Manunggal Kembali Dibuka
    • Puluhan Siswa Keracunan MBG, DPRD Kota Bogor Minta Investigasi Total dan Evaluasi SPPG
    • Diduga Keracunan MBG, SPPG Batutulis Sebut Makanan Sesuai SOP
    • Puluhan Siswa Diduga Keracunan MBG, Alami Keluhan Muntah dan Lemas
    • DPRD Kota Bogor Terima Draft RAPBD 2026, Banggar Langsung Lakukan Pembahasan
    • DPRD Bogor Tampung Aspirasi Aksi Budayawan Soal Proyek Jalan Batutulis
    Facebook X (Twitter) Instagram
    BarayaNewsBarayaNews
    • Politik
      • Nasional
      • Internasional
    • Olahraga
      • Sepak Bola
    • Teknologi
      • Gadget
    • Peristiwa
    • Kesehatan
    • Kolom Penulis
    • Kota Bogor
    BarayaNewsBarayaNews
    Home » Politik » Kota Bogor » BPSK Kota Bogor Periode 2021-2026 Dilantik, Ini yang Akan Digencarkan
    Kesehatan

    BPSK Kota Bogor Periode 2021-2026 Dilantik, Ini yang Akan Digencarkan

    26 Februari 20214 Mins Read
    Facebook Twitter WhatsApp Telegram
    Share
    Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email Telegram WhatsApp

    Barayanews.co.id – Pengurus Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bogor, Jawa Barat, periode 2021-2026 secara resmi dilantik pada Kamis (25/2/21) pagi di Aula Barat Gedung Sate Bandung, oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum. Dalam acara itu, turut dilantik juga pengurus BPSK dari Kota Cirebon, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Karawang.

    Di kepengurusan yang baru ini, Ketua BPSK Kota Bogor terpilih periode 2021-2026 Boris Darurasman bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik kepada konsumen maupun produsen. Apalagi, BPSK memiliki tugas menampung aduan dari masyarakat.

    Boris mengatakan, sembilan anggota BPSK yang dilantik terdiri dari tiga unsur yakni tiga unsur pemerintah, tiga unsur pelaku usaha, dan tiga unsur konsumen. Semuanya telah melalui tahapan seleksi yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

    Sesuai dengan Kepmenperindag 350/2001 yang telah diatur, tugas dan wewenang BPSK adalah menerima pengaduan dari konsumen dan menyelesaikan sengketa dengan produsen yang mereka adukan. Ini adalah upaya dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan untuk melindungi konsumen.

    “Untuk sengketa yang diadukan kepada kita, nanti kita memilah apakah ini merupakan kompetensi BPSK atau bukan. Kalau itu kompetensi BPSK maka kita akan tentukan penyelesaiannya seperti apa. Apakah itu mediasi, konsiliasi atau arbitrase. Atau kita akan bersidang dengan menunjuk majelis hakim yang ketuanya dari unsur pemerintah dan anggota majelisnya dari pelaku usaha dan unsur konsumen,” jelas Boris saat ditemui di sekretariat BPSK Kota Bogor, Jalan Julang, Jumat (26/2/21).

    Boris menekankan, meskipun BPSK adalah lembaga resmi dari pemerintah, namun dirinya tidak mau melampaui lembaga peradilan lain yang menangani sengketa perdata. Dari itu, kedepan BPSK akan lebih melakukan sosialisasi dan eksistensi agar masyarakat paham bahwa BPSK itu berfungsi sebagai apa.

    “Sebuah lembaga itu semua ada kewenangannya. Kita pun tidak mau melampaui lembaga peradilan lain yang menangani sengketa perdata. Kalau konsumen memilih peradilan umum ya silahkan. Tetapi kalau mau cepat dan tidak dipungut biaya bisa ke BPSK. Ini yang harus di sosialisasikan kedepan,” tandasnya.

    Mantan Kadisperumkim ini mengungkapkan, dari sisi waktu dan biaya, BPSK lebih efektif dan efesien dalam menyelesaikan sengketa. Di BPSK sengketa konsumen dapat selesai dalam waktu 21 hari paling cepat harus putus dan itu tidak dipungut biaya.

    “Jadi, pada prinsipnya bagaimana kita memudahkan masyarakat atau konsumen dengan cara yang efektif dan efesien terutama dalam hal waktu dan biaya. Itu yang ditawarkan BPSK. Di situlah tingkat kepercayaan konsumen yang melapor kepada kita dari tahun ke tahun selalu meningkat. Ini membuktikan bahwa masyarakat percaya kepada BPSK,” ungkapnya.

    Dengan dikukuhkannya pengurus baru ini, lanjut Boris, pihaknya akan segera melaksanakan rapat untuk membahas program kerja kedepan. “Yang pasti kita akan melakukan sosialisasi lebih masif lagi mengikuti dinamika perkembangan yang terjadi dan BPSK harus lebih responsif dalam menampung dan menangani aduan dari konsumen agar konsumen merasa tenang, dan nyaman, dalam proses jual-beli,” ujarnya.

    Sementara, Wakil Ketua BPSK Kota Bogor, Zulfikar Priyatna menambahkan, di kepengurusan yang baru ini, dirinya akan menyelesaikan beberapa kasus yang belum diselesaikan akibat kekosongan kepengurusan.

    “Jadi, itu prioritas kita. Menyelesaikan laporan-laporan dan pengaduan dari masyarakat. Kita juga akan lakukan pembenahan kesekretariatan untuk mendukung kinerja para anggota majelis dalam bersidang. Yang pasti kedepan kita berharap bisa melahirkan terobosan-terobosan baru terutama dalam hal penggunaan teknologi untuk memudahkan konsumen dalam menyampaikan aduan,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum HIPMI BPC Kota Bogor ini.

    Zulfikar meneruskan, dirinya juga akan melakukan pendekatan yang sifatnya tidak hanya menyelesaikan persengketaan tapi juga mencegah perselisihan itu terjadi yaitu dengan cara memberikan penyuluhan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat sebagai konsumen maupun produsen. Tujuannya agar memahami regulasi yang berlaku dalam transaksi jual-beli.

    “Kita akan bersinergi dengan setiap elemen khususnya para pelaku usaha agar mereka paham betul tanggung jawab dan kewajiban pelaku usaha dalam menyediakan produk maupun jasa ke konsumen. Kita juga akan lakukan sosialisasi kepada konsumen agar tercipta konsumen yang cerdas karena pada prinsipnya badan ini dibentuk oleh pemerintah untuk menghadirkan ketenangan bagi konsumen. Jangan sampai hak-hak konsumen ini dilanggar atau tidak sesuai dengan UU perlindungan hukum bagi konsumen yang ada,” pungkasnya.

    Add A Comment

    Bagaimana Pendapat Anda?Batalkan balasan

    Berita Lainnya
    Kota Bogor

    Kunjungi PKS, PDI Perjuangan Kota Bogor Jajaki Koalisi Merah Putih

    12 Mei 2024
    Kesehatan

    Raperda PMP Perumda PPJ Akan Tingkatkan Marwah Pedagang dan Perusahaan

    10 Januari 2021
    Kesehatan

    Brilian! Ibu-ibu Ubah Kain Perca Jadi Rupiah

    10 Desember 2020
    Kota Bogor

    Akomodir Semua Kalangan, DPD NasDem Kota Bogor Daftarkan 50 Bacalegnya

    11 Mei 2023
    Kolom Penulis
    Kolom Penulis

    Anak Muda dan Kaderisasi Partai Politik

    5 Januari 2024

    Demokrasi kita dibangun berdasarkan amanat UUD dan berasaskan Pancasila. Disitu jelas bahwa suara kita, aspirasi…

    Pembebasan Biaya Pendidikan, Sesuai Harapan Kah?

    1 Desember 2020
    Trending
    Bisnis

    Atang Trisnanto Dukung Moratorium Minimarket di Kota Bogor

    27 April 2022

    BOGOR – Keberadaan minimarket di Kota Bogor kian lama kian menjamur. Namun, pertumbuhan jumlah minimarket…

    Daerah

    Hari Koperasi Nasional ke-75, Bima Arya Tekankan Lima Hal Ini

    29 Juli 2022

    Adaptasi, edukasi, kolaborasi, transparansi dan ekspansi menjadi lima agenda besar yang perlu dilaksanakan agar koperasi…

    Anggaran

    Komisi II Dorong APBD 2023 Berpihak Kepada Koperasi dan UMKM

    17 Oktober 2022

    BOGOR – Komisi II DPRD Kota Bogor telah selesai menggelar rapat kerja dengan mitra kerja…

    DPRD Kota Bogor

    DPRD Kota Bogor Dorong Langkah Strategis Antisipasi Dampak Tarif Impor AS terhadap UMKM Lokal

    9 April 2025

    BOGOR – DPRD Kota Bogor secara serius merespons kebijakan tarif impor 32 persen yang baru…

    Covid19

    Dalam Rangka Bukan Mutu Karantina, Masyarakat Diedukasi Soal Mutu Kualitas Ikan

    26 Mei 2021

    Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menghadiri Bulan Mutu Karantina 2021 di Danau LSI…

    Ekonomi

    Kota Bogor Raih WTP Keenam Secara Beruntun

    23 Mei 2022

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan…

    Tentang Kami

    BarayaNews.co.id

    PT. Kreasi Baraya Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media yang menaungi website portal berita barayanews.co.id untuk menayangkan berita terkini dan terpercaya.

    Laman Kami
    • Kebijakan Privasi
    • Kontak
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Syarat Karya Tulis
    © 2025 PT Kreasi Baraya Mandiri

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.