Kota Bogor

Tingkatkan Pelayanan, Perumda Tirta Pakuan Akan Sempurnakan Command Center

BOGOR – Perusahaan Umum Daerah Tirta Pakuan Kota Bogor tak pernah berhenti untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kini perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang penyediaan air bersih ini tengah menyempurnakan command center.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan mengemukakan dirinya memiliki keinginan untuk menyempurnakan command center yang diibaratkannya sebagai pusat komando. Sehingga dari ruangan command center ini selain termonitor informasi juga bisa menyampaikan pemberitahuan penugasan kepada petugas masing-masing bidang.

“Command center memang belum sempurna, saya maunya sesuai namanya command bisa memberi komando. Komando disini dalam artian ‘Pak ada laporan kebocoran air di jalan Tegal Mangga. RT, RW, no pelanggan sekian’. Nah, hari ini itu sudah muncul di command center, tapi harusnya command center juga bisa memberikan perintah, seperti ke bagian pengaliran untuk dikerjakan,” ujar Rino, Kamis (6/1/2022).

Lebih lanjut kata Rino, setelah pekerjaan selesai, petugas melaporkan informasi ke command center. Selanjutnya command center menyampaikan notifikasi ke pelanggan atau pelapor kebocoran air tersebut. “Nah, sekarang baru sampai view dan ada petugas tapi belum otomatis masih pakai kertas,” terangnya.

Untuk menunjang hal tersebut, pihaknya tengah membuat aplikasi work order. Perangkat lunak terbaru ini nantinya akan terintegrasi dengan inovasi layanan pengaduan yang lebih dulu diluncurkan Perumda Tirta Pakuan. Termasuk terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SiBadra) dari Pemerintah Kota Bogor.

“Nanti kami akan mau masukan laporan-laporan dari call center, Hublang termasuk dari aplikasi SiBadra. Jadi petugas tahu permasalahan-permasalahannya, tinggal dilanjutkan ke bagian-bagian. Kami ingin seperti itu, mudah-mudahan tahun ini selesai,” tandasnya.

Rino menjelaskan bahwa command center saat ini sudah beroperasi dengan baru dua petugas operator. Ia berencana untuk kedepannya akan menambah jumlah petugas dengan sistem shift atau bergantian lantaran command center beroperasi selama 24 jam.

“Sekarang masih dua petugas. Kedepan bakal ditambah lebih dari delapan orang dan command center beroperasi 24 jam,” pungkasnya.

Share

Recent Posts

PLN Mobile Menyapa Warga Cempaka Putih

JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengadakan…

4 jam ago

Dihadiri Wapres Gibran, Upacara Hari Pahlawan Tanpa Kedip

Jakarta, 11 November 2024 – Dalam rangka mendukung kelancaran Upacara Hari Pahlawan yang dihadiri oleh…

4 jam ago

Sekda Pimpin Kick Off Penataan Gang Roda 3 dan 4 Suryakencana

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, memimpin kick off penataan Gang Roda 3 dan…

2 hari ago

Menteri LH Dorong Penyusunan Roadmap Penanganan Sampah di Kalimantan Selatan

BANJARBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH), Hanif Faisol Nurofiq,…

2 hari ago

Peringati Hari Tanam Pohon BSILHK Gelar Edukasi Untuk Siswa di Bogor

BOGOR - Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Dongeng Nasional, Badan Standardisasi…

2 hari ago

Ketua Bawaslu RI Pantau Pilkada Serentak di Bogor, Soroti Kendala Teknis dan Partisipasi Rendah

  BOGOR – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, memantau pelaksanaan Pemilihan…

2 hari ago

This website uses cookies.